1. BUATLAH 2 BUAH HIPOTESIS DENGAN JENIS YANG BERBEDA!
1. 1. Hipotesis
Asosiatif
Ada hubungan antara status gizi dan
hasil belajar siswa kelas V SD
-
Status gizi diukur dengan cara pengkuran
antropometri BB dan TB menggunakan timbangan digital dan microtoie dan kemudian
hasilnya dikategorikan menggunakan table Z-score.
-
Hasil belajar diukur dengan melihat
nilai rat-rata yang ada di raport siswa tiap semester dengan mengumpulkan
raport semester 1 dan kemudian hasilnya dikategorikan menjadi baik ( >7,5),
cukup (6,0 – 7,5), dan kurang (< 6,0)
-
Kriteria sampel:
1. Siswa
kelas 5 yang berusia 10-12 tahun
2. Siswa
memiliki absensi < 7 hari selama 1 smt
2. 2. Hipotesis
Komparatif
Ada perbedaan status
gizi batita yang diasuh oleh ibu dengan yang diasuh oleh pembantu
rumah tangga di
Posyandu X
-
Status gizi diukur dengan pengukuran
antropometri BB dan TB/PB menggunakan timbangan digital, baby scale, microtoa,
dan panjang badan kemudian hasilnya dikategorikan menjadi lebih (>120%
median BB/U), baik (80-120% median BB/U), sedang (70-79,9% median BB/U), kurang
(60-69,9% median BB/U), buruk (<60% median BB/U)
-
Pengasuhan dibedakan menjadi diasuh oleh
orang tua dan diasuh oleh asisten rumah tangga
-
Kriteria sampel:
1. Berusia
1 – 3 tahun
2. Diasuh
oleh pembantu rumah tangga, bukan baby sitter
3. Batita
aktif dalam kegiatan posyandu
4. Responden
bersedia menjadi sampel
LATIHAN (HAL 13)
1. Dibawah ini adalah berat badan bayi laki – laki usia 5 bulan (X1) dan pada usia 11
bulan (X2) (data fiktif). Hitung nilai rata – rata, variance, standard deviasi dan lakukan uji
t dependen sample.
LATIHAN (HAL 13)
1. Dibawah ini adalah berat badan bayi laki – laki usia 5 bulan (X1) dan pada usia 11
bulan (X2) (data fiktif). Hitung nilai rata – rata, variance, standard deviasi dan lakukan uji
t dependen sample.
No
|
X1 (kg)
|
X2 (kg)
|
Beda
D = X1 – X2 |
Deviasi
d = D - |
Kuadrat
deviasi = d2
|
1
|
4,5
|
5,6
|
-1.1
|
0.26
|
0.0676
|
2
|
4,7
|
5,9
|
-1.2
|
-1.2
|
1.44
|
3
|
4,6
|
6,2
|
-1.6
|
-1.6
|
2.56
|
4
|
4,8
|
6,2
|
-1.4
|
-1.4
|
1.96
|
5
|
4,9
|
5,9
|
-1
|
-1
|
1
|
6
|
4,8
|
5,8
|
-1
|
-1
|
1
|
7
|
4,5
|
6,2
|
-1.7
|
-1.7
|
2.89
|
8
|
4,7
|
6,4
|
-1.7
|
-1.7
|
2.89
|
9
|
4,9
|
6,3
|
-1.4
|
-1.4
|
1.96
|
10
|
4,6
|
6,1
|
-1.5
|
-1.5
|
2.25
|
Jumlah
|
47
|
60.6
|
-13.6
|
-12.24
|
18.0176
|
Rerata
|
4.7
|
6.06
|
|||
SD
|
0.149071
|
0.250333
|
|||
Varians
|
0.022222
|
0.062667
|
|||
Rerata
D ( ) = D/n = -1,36
|
a. Asumsi : Data
yang diuji adalah berpasangan (paired) yang diambil secara random dan distribusinya normal, masing – masing subjek independen dan varians nya di duga
tidak berbeda ;
b. Hipotesa : Ho : µ1 =
µ2 dan Ha : µ1 µ2
c. Uji Statistik
adalah uji t – berpasangan (paired t – test)
d. Distribusi uji
statistik : bila Ho diterima maka uji statistik dilakukan dengan derajat
kebebasan = n – 1;
e. Pengambilan
keputusan : α = ,05 dan nilai kritis t ± 2,306
f. Perhitungan
statistik: kita hitung varians nilai D yaitu -3042
Kita
ambil nilai mutlak yaitu 3,042
g. Keputusan statistik:
karena t.hitung =
3,042 > t-tabel, dk = 9, α = 0,05 = 2,306
kita
berkeputusan untuk menolak hipotesa nol.
h. Kesimpulan : ada
perbedaan berat badan bayi laki – laki 5 bulan dan bayi laki – laki 11 bulan
2. Data
kadar trigliserida pria dewasa gemuk dan normal yang diukur dengan Indeks
Massa
Tubuh (IMT) sebagai berikut (data fiktif).
Hitung:
a. Nilai
rata-rata
b. Variance
c. Standard
deviasi
d. Lakukan
uji t-independen sampel
Subjek
|
Gemuk (X1)
|
Normal (X2)
|
D=X1-X2
|
d = D-
|
d2
|
|
(X1-
|
(X2-
|
(X2-
|
1
|
240
|
180
|
60
|
-116
|
13456
|
1
|
1
|
4
|
16
|
2
|
260
|
175
|
85
|
-91
|
8281
|
21
|
441
|
-1
|
1
|
3
|
230
|
160
|
70
|
-106
|
11236
|
-9
|
81
|
-16
|
256
|
4
|
220
|
190
|
30
|
-146
|
21316
|
-19
|
361
|
14
|
196
|
5
|
260
|
180
|
80
|
-96
|
9216
|
21
|
441
|
4
|
16
|
6
|
250
|
175
|
75
|
-101
|
10201
|
11
|
121
|
-1
|
1
|
7
|
240
|
190
|
50
|
-126
|
15876
|
1
|
1
|
14
|
196
|
8
|
220
|
170
|
50
|
-126
|
15876
|
-19
|
361
|
-6
|
36
|
9
|
230
|
180
|
50
|
-126
|
15876
|
-9
|
81
|
4
|
16
|
10
|
240
|
160
|
80
|
-96
|
9216
|
1
|
1
|
-16
|
256
|
Jumlah
|
2390
|
1760
|
630
|
0
|
130550
|
0
|
1890
|
0
|
990
|
Rerata
|
239
|
176
|
63
|
0
|
13055
|
0
|
189
|
0
|
99
|
a)
Rerata D = D/n = 63
|
|
|
|
|
|
|
b) S12
= 210
S22 = 110
c)
S = 14.49
S
=10.48
d)
Sp2 = 12,64
Uji t 11.32
Keputusan statistik :
thitung = 11.32 > ttabel,
dk = 54, α = 0.05 = 2.101
Ho ditolak
Ada perbedaan kadar trigliserida pria dewasa gemuk dan
normal diukur dengan IMT
3. Nilai rata-rata IQ dari 26 siswa SMP X
adalah 107 dengan standar deviasi 9, sedangkan di SMP Y dari 30 siswa rata-rata
IQ nya adalah 112 dengan standar deviasi 8. Dapatkah kita menyatakan bahwa ada
perbedaan secara bermakna nilai rata-rata IQ siwa di kedua kelas tersebut?
Kelompok 1: n1=26, S₁
= 9
Kelompok 2: n2= 30, S₂ = 8
1.
Derajat kebebasan n1+n2-2 = 54
2.
nilai t 2,0048
3.
Perhitungan statistic
4.
t hitung 2.28 > t table 2.0048
5.
Kesimpulan: ada perbedaan bermakna nilai rata-rata IQ siswa SMP X dengan siswa SMP Y
4. Kita ingin membuktikan perbedaan kadar glukosa darah mahasiswa sebelum dan sesudah sarapan pagi. Datanya sebagai berikut:
SEBELUM
|
SESUDAH
|
D=X₁-X₂
|
d=D-D
|
d²
|
115
|
121
|
-6
|
-0.1
|
0.01
|
118
|
119
|
-1
|
4.9
|
24.01
|
120
|
122
|
-2
|
3.9
|
15.21
|
119
|
122
|
-3
|
2.9
|
8.41
|
116
|
123
|
-7
|
-1.1
|
1.21
|
115
|
123
|
-8
|
-2.1
|
4.41
|
116
|
124
|
-8
|
-2.1
|
4.41
|
115
|
120
|
-5
|
0.9
|
0.81
|
116
|
125
|
-9
|
-3.1
|
9.61
|
117
|
127
|
-10
|
-4.1
|
16.81
|
1167
|
1226
|
-59
|
0
|
84.9
|
|
|
D= 𝐷/𝑛=
-5.9
|
|
|
1.
Derajat kebebasan= n-1 = 10-1 = 9
2.
3.
Varians D=
4.
Nilai =
5.
Nilai =
6.
Hasil Uji t = S= 5.9/0.970 = 6.082
7.
t hitung 6.082 > t table 2.262
8.
Hipotesa nol ditolak
9.
Kesimpulan: Ada perbedaan kadar
glukosadarah mahasiswa sebelum dan sesudah sarapan pagi
5. Hasil penelitian tentang peran senam
“low impact” pada remaja putri usia 18-21 tahu terhadap penurunan persen lemak
tubuh disajikan dalam table dibawah ini. Dapatkah kita menyataka bahwa senam
low impact tidak berpengaruh terhadap persen lemak tubuh.
SEBELUM
|
SESUDAH
|
D= X₁-X₂
|
d= D-D
|
d²
|
24.7
|
24.5
|
0.2
|
-1.45
|
2.1025
|
26.4
|
25.6
|
0.8
|
-0.85
|
0.7225
|
28.7
|
26.9
|
1.8
|
0.15
|
0.0225
|
27.2
|
26.1
|
1.1
|
-0.55
|
0.3025
|
24.9
|
24.2
|
0.7
|
-0.95
|
0.9025
|
29.9
|
27.3
|
2.6
|
0.95
|
0.9025
|
28.6
|
25.7
|
2.9
|
1.25
|
1.5625
|
28.8
|
25.7
|
3.1
|
1.45
|
2.1025
|
219.2
|
206
|
13.2
|
0
|
8.62
|
|
|
D=D/n
|
|
|
|
|
1.65
|
|
|
1.
Derajat kebebasan= n-1 = 8-1 = 7
2.
3.
Varians D=
4.
Nilai =
5.
Nilai =
6.
Hasil Uji t = S= 1.65/0.39 = 4.23
7.
t hitung 4.2307 > t table 2.364
8.
Hipotesa nol ditolak
9.
Kesimpulan: Ada pengaruh senam “low
impact” terhadap persen lemak tubuh
Komentar
Posting Komentar